Pages

Sabtu, 11 Juni 2016

Refolusi Industri

Apa yang kamu  pahami tentang istilah revolusi dan  industri? Coba amati lingkungan di sekitarmu. Adakah pabrik atau industri? Berapakah jumlah tenaga   kerjanya? Bagaimana mekanisme kerjanya? Terbentuknya industri di dekat  rumahmu itu  tidaklah terjadi secara  mendadak. Adproses sejarah yang  panjang yang dahulu pernah terjadi di daratan Eropa. Saat itu terjadi perubahan yang cepat  di bidang ekonomi dari kegiatan ekonomi agraris yang tertutup (latifunda) ke ekonomi industri. Dengan menggunakan mesin, bahan mentah diolah menjadi bahan siap pakai.  Inilah yang  mengubah secara  revolusioner kehidupan sosial,  ekonomi, dan  politik masyarakat Eropa.  Secara  ekstern, 

Revolusi Industri disebabkan berlangsungnya revolusi ilmu  pengetahuan yang ditandai munculnya serangkaian ilmuwan dan ditunjang dengan berdirinya lembaga-lembaga riset. Secara  internal, Revolusi Industri disebabkan mantap- nykeamanan dan  politik, menguatnya wiraswasta, sumber daya   ala (bat bara)  yang  melimpah, munculnya paham ekonomi liberal, terjadinya Revolusi Agraria,  dan  meningkatnya pelayaran perdagangan.

Secara  umum, Revolusi Industri itu  menyangkut perubahan teknologi, sosial ekonomi, dan budaya yang terjadi pada  akhir  abad  XVIII dan  awal abad  XIX di daratan Eropa.  Saat  itu  terjadi penggantian kegiatan ekonomi yang  berdasarkan manusia (pekerja) dengan mesin dan  industri. Pelopor Revolusi Industri adalah bahan bakar  dan  ditenagai oleh  mesin. Perubahan dengan cepat terjadi setelah peralatan mesin jugberkembang dengan pesat terutama mesin produksi. baca juga soal tentang: revolusi Industri

Revolusi Industri yang terjadi di Inggris memiliki tahap-tahap produksi sebagai berikut. Pertama,  dikenal dengan home  industry atau  domestic System dmana produksi dikerjakan ddalam rumah pekerja dengan peralatan sendiri. Kedua,  tahap industri manufaktur dengan menggunakan lokasi  tertentu sebagai  tempat bekerja sekaligus sebagai  tempat penjualan produksi. Biasanya dikerjakan oleh  sepuluh orang.  Ketigadikenal dengan factory system atau  digunakannya tenaga  mesin dengan jumlah pekerja yang banyak.

Permasalahan mulai muncul saat industri berkembang secara besar-besaran tanpa didukunoleh  lokasi  pemasaran yang memadai. Kamu  tentu bisa  menduga apa  yanharus dikerjakan oleh  negara-negara industrtersebut. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan lokasi  baru  sebagai tempat pemasaran bagi seluruh produknya. Ada beberapa dampak dari  revolusi industri antara lain munculnya industri besar-besaran, terbentuknya golongan borjuis dan  buruh, menguatnya arus urbanisasi, serta munculnya kapitalisme modern.


       Kapitalisme

Apa  yang  kam ketahumengenai pengertian tentang kapitalisme? Cobdiskusikan dengan teman sebangkumu. Kapitalisme bisa  dipahami sebagai   sebuah  ideologi yang mengagungkan kapital atau modal  milik  perorangan atau milik kelompok kecil  masyarakat sebagaalapenggerak kesejahteraan manusia. Modal  dsini  bisa  meliputi kekayaan dalam segala jenisnya termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang  lainnya. Semua yang ada di dunia harus dijadikan kapital perorangan atau  kelompok keciorang  untuk memperoleh keutungan. Caranya adalah dengan menerapkan sistem kerja upahan di mana buruh diperas, ditindas, dan  diisap oleh  kaum kapitalis.

Tokoh   utama  ka pitalisme  adalah  Ad a Smith  yang mengemukakan teorinya The Wealth  of Nations. Isinya  antara lain menyatakan bahwa kemakmuran bangsa-bangsa akan  tercapai melalui ekonomi persaingan bebas  atau  ekonomi yang bebas  dari campur tangan negara. Sistem kapitalisme mulai berkembang di Inggris abad  XVIII M dan  meluas hingga  kawasan Eropa  Barat dan  Amerika Utara.  Ada tigprinsip dasar  kapitalisme yaitu kebebasan individu, kepentingan diri,  dan  pasar bebas.  Dengan kebebasan individu maka  manusia bebas berpikir, berkarya, dan berproduksi untuk kepentingan kelangsungan hidupnya. (Sumber Sejarah XI, Imtam Rus Ernawati dkk Pusat perbukuan Nasional)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN UNGGULAN

KISI-KISI SEJARAH X SOAL AKM

  CONTOH KISI -KISI SOAL AKM KLS X  MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TAHUN 2022-2023